Cooperative Learning Anita Lie – Mempraktikkan di Ruang-Ruang Kelas

buku pembelajaran inovatif - corporative learningCooperative Learning Anita Lie – Mempraktikkan di Ruang-Ruang Kelas merupakan salah satu buku yang paling banyak digunakan sebagai referensi untuk penulisan skripsi di bidang pembelajaran inovatif. Buku yang ditulis pada tahun 2002 ini telah mengalami cetak ulang hingga ke-enam kalinya di tahun 2008. Buku berhalaman sembilan puluh enam halaman ini berisi materi yang sarat terhadap  transfromasi pendidikan yang mulai memposisikan siswa untuk berperan aktif dalam membangun pengetahuannya. Untuk memahaminya lebih jauh,  sebuah awalan yang baik untuk memulai membaca buku Cooperative Learning Anita Lie.

Materi Cooperative Learning Anita Lie

Materi yang disampaikan dalam Cooperative Learning Anita Lie ini cukup luas dan menantang untuk eksplorasi lebih lanjut bagi para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau peneliti lainnya. Dengan runut buku ini diawali dengan landasan pemikiran mengapa buku ini ditulis adalah dengan pengenalan paradigma baru dalam dunia pendidikan yang lebih mengedepankan peran siswa dalam kerangka cooperative learning yang ternyata menunjukan lebih banyak manfaatnya dalam penerapannya. Buku ini ditujukan bagi guru agar dapat memahami latar belakang, landasan pemikiran dan cara penerapannya agar dapat dilaksanakan secara maksimal.

Secara garis besar buku Cooperative Learning Anita Lie memiliki tujuh bagian utama. Pertama berkaitan dengan perubahan dalam sosial, ekonomi dan demograsi yang dikaitkan untuk mengkaji ulang penerapan pembelajaran di sekolah. Bagian kedua terkait dengan pembahasan konsep kerja sama atau dalam bangsa Indonesia dikenal dengan nama Gotong Royong sebagai faktor penting  dalam penerapan metode Cooperative Learning.

Bagian selanjutnya dari buku Cooperative Learning Anita Lie ini membahas tentang perbandingan metode Cooperative Learning dengan dua model lainnya yaitu Metode Kompetisi dan Indivisual. Di bab ke lima diterangkan unsur unsur dari model pembelajaran Cooperative Learning dan perbedaannya dengan model lainnya.

Dua bagian dari buku ini selanjutnya dijelaskan tentang pengelolaan kelas cooperative learning dan teknik teknik pembelajaran cooperative learning. Bagian terakhir memuat bagaimana cara melakukan evaluasi terhadap praktek penerapan cooperative learning.

Teknik Teknik Cooperative Learning Anita Lie

Ada empat belas teknik belajar mengajar cooperative learning yang dijelaskan dalam buku Cooperative Learning Anita Lie. Teknik pertama adalah Make A Match atau Mencari Pasangan yang dikembangkan oleh Lorna Curran – 1994. Teknik kedua adalah Bertukar Pikiran. Teknik ketiga adalah Think-Pair-Share atau Think-Pair-Square atau Berpikir-Berpasangan-Berempat yang dikembangakna oleh Frank Lyman. Teknik selanjutnya adalah Berkirim Salam dan Soal.

Ada lagi teknik yang disebut Numbered Heads Kepala Bernomor yang diperkenalkan oleh Spencer Kagan – 1992. Selanjutnya ada juga modifikasi teknik sebelumnya yaitu Teknik Kepala Bernomor Terstruktur.  Kemudian adalah teknik Two Stay Two Stray atau Dua Tinggal Dua Tamu oleh penulis yang sama Spencer Kagan.

Selain itu ada juga teknik Keliling Kelompok dan Teknik Gemerincing. Teknik Gemerincing dikenalkan oleh Spencer Kagak – 1992. Teknik lainnya adalah Keliling Kelas. Spencer Kagan juga mengembangkan konsep Inside – Outside Circle atau Lingkaran kecil Lingkaran Besar. Ada juga Teknik Tari Bambu sebagai modifikasi teknik Inside Outside Circle.

Teknik ke tiga belas adalah Jigsaw yang dikembangkan oleh Aronson et al.  Dan terakhir adalah Paired Storytelling atau Bercerita Berpasangan.

Selain memahami konsep ke-empatbelas teknik yang disebutkan sebelumnya, dijelaskan juga tentang bagaimana penerapan teknik dalam kegiatan belajar mengajar di buku Cooperative Learning – Anita Lie ini.

Tentang Pengarang Buku Cooperative Learning Anita Lie

Anita Lie yang kini menjadi Guru Besar di Universitas Katolik Widya Mandala diangkat pada tahun 2002. Dengan latar belakang pendidikan doktoral yang diperolehnya di Universitas Baylor – Texas – Amerika Serika untuk bidang Curriculum and Instruction di tahun 1994, melanjutkan pendidikannya Master of Art di bidang English Literatur (1991).

Minatnya terhadap dunia pendiddikan sangat besar. Ia memang semenjak kecil ingin menjadi Guru. Ia mendalami banyak bidang pendidikan seperti disain kurikulum dan implementasinya, Pendidikan Wanita, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pengembangan Profesional. Hal yang tak kalah pentingnya adalah Cooperative Learning adalah minat dari Anita Lie.

Target Pembaca Cooperative Learning Anita Lie

Buku Cooperative Learning karangan Anita Lie ini sangat tepat digunakan sebagai referensi dalam untuk memahami apa itu cooperative learning dan teknik implementasinya. Selain mendapatkan pemahaman mengapa model Cooperative Learning itu penting dalam menghadapi transformasi yang tengah berlangsung, buku ini akan memberikan pencerahan dalam bagaimana tekniknya diterapkan di dalam kelas. Sebuah bacaan yang sangat menarik untuk Buku Cooperative Learning karya Anita Lie.

4 Responses

  1. Diah

    stoknya masih ga??

    Reply
  2. coilrule

    pesan 1 gan… brp duit???

    Reply
  3. arumsari

    kirra-kira bukunya masih ada ga ya

    Reply

Leave a Reply

*