Model Pembelajaran – Definisi dan Contoh

Model PembelajaranDalam Model Pembelajaran   akan menarik bila kita mengetahui secara seksama  definisi dan contoh pelaksanaannya   Sebelum mengenal lebih jauh terhadap model pembelajaran, ada baiknya juga kita memahami konsep pembelajaran. Berlanjut dengan definisi model pembelajaran yang akan disertai dengan contoh contoh pelaksanaannya.

 

Apakah Pembelajaran

Ada banyak ragam dalam memahami arti dari kata Pembelajaran. Dalam bahasa Inggris, pembelajaran merupakan terjemahan dari instructions. Sehingga ada yang memaknai pembelajaran sebagai mengajar adalah bagian dari pembelajaran, yang diartikan sebagai usaha guru dalam merancang berbagai fasilitas yang tersedia untuk digunakan oleh siswa dalam belajar.

Menurut Undang-undang pendidikan nasional, pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan  sumber belajar dalam sebuah lingkungan belajar. Sehingga dapat dirangkum pembelajaran merupakan kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu siswa dalam mempelajari kemampuan atau nilai baru dalam proses yang sistematis melalui tahapan rancangan, pelaksanaan dan evaluasi dalam ruang lingkup belajar-mengajar.

 

Apakah Model Pembelajaran

Selanjutnya kita akan mempelajari model pembelajaran. Istilah ini diartikan sebagaimana diterangkan oleh Joyce et Al, sebagai suatu rencana atau pola yang dipakai untuk merancang mekanisme suatu pengajaran yang mencakup sumber belajar, subyek belajar, lingkungan belajar dan kurikulum.

Sedangkan Brandy 1995 menyatakan model pembelajaran merupakan rancangan yang digunakan sebagai panduan dalam menyiapkan dan melaksanakan pengajaran. Sehingga dapat ditarik benang merah bahwa model pembelajaran merupakan suatu rancangan umum yang mengambarkan kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar guna mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

 

Model-Model Pembelajaran

Dalam model-model pembelajaran pun terdapat banyak pendapat. Salah satunya adalah Joyce yang membagi model pembelajaran dalam empat yaitu model pemprosesan informasi, model pribadi, model perilaku, dan model sosial. Masing-masing model memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri.

Disisi lain terdapat juga model pembelajaran kooperatif atau cooperative learning, dimana dalam model pembelajaran ini, dalam kegiatan belajarnya, peserta didik dimasukan ke dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari beberapa orang peserta dengan beragam tingkatan kemampuan melakukan berbagai kegiatan belajar untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang disajikan.

Contoh contoh model pembelajaran interaktif antara lain adalah Examples Non Examples, Picture and Picture, Numbered Head Together (Kepala Bernomor), Cooperatif Script, Kepala Bernomor Struktur ( modifikasi dari Number Heads), Student Teams –Achievement  Divisions  (STAD) Tim Siswa Kelompok Prestasi, Jigsaw ( Model Tim Ahli ), Problem Based Introduction, Artikulasi, Mind Mapping, Make a Match (Mencari Pasangan), Think Pair and Share, Debate (Debat), Role playing (Bermain Peran), Group Investigation, Talking Stik, Bertukar Pasangan, Snowball Throwing, Student Facilitator and Explaining, Course Review Horay, Demonstration, Explicit Instruction (Pengajaran Langsung), Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) – Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis,  Inside- Outside- Circle/Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar,  Tebak Kata, Scramble, Concept Sentence,  Complete Sentence,  Time Token, dan Pair Checks.

Demikianlah contoh contoh model pembelajaran interaktif.

Leave a Reply

*